Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

Sebetulnya cara menggadaikan barang di pegadaian boleh dibilang lebih mudah daripada yang selama ini kita duga. Berikut saya ceritakan pengalaman saya menggadaikan emas (barang yang paling umum digadaikan di pegadaian) di Pegadaian Negeri Slipi Petamburan.

Mengapa memilih Pegadaian?

Pegadaian adalah salah satu BUMN yang pernah mau masuk ke bursa saham. Pegadaian memang memiliki aset yang banyak, sehingga dulu Dahlan Iskan berencana membuat PT Pegadaian IPO. Ada banyak sekali barang “sekolahan” yang nggak ditebus sama pemiliknya. Karena nilai pinjaman selalu lebih rendah (atau minimal sama dengan) nilai taksiran barang, otomatis pegadaian jarang merugi.

Menurut saya, setidaknya ada 2 alasan utama mengapa orang lebih senang ke Pegadaian. Pertama, bunga yang ditawarkan Pegadaian lebih rendah daripada rentenir. Pegadaian juga lebih terpercaya karena merupakan perusahaan plat merah. Kedua, prosesnya relatif cepat untuk sekadar mengejar likuiditas. Hampir apa saja bisa digadaikan, termasuk pakaian dan blender. Uang sudah di tangan tak sampai hitungan jam. Bandingkan dengan pasang iklan di OLX atau KasKus.

Syarat-syarat menggadaikan barang

Anda hanya membutuhkan fotokopi KTP atau SIM, dan membawa langsung barang yang ingin digadaikan. Selebihnya tinggal isi formulir seperti gambar berikut ini.

formulir pegadaian

Nilai taksiran dan Nilai Pinjaman

Setelah antri, kita akan diberitahu nilai taksiran dan nilai pinjaman maksimal yang diperkenankan. Nilai taksiran adalah perkiraan harga barang yang digadai, sedangkan nilai pinjaman adalah jumlah kredit maksimal yang bisa dipinjamkan oleh Pegadaian. Normalnya, nilai pinjaman selalu lebih rendah dariada nilai taksiran. Saya mau pinjam full, alias sesuai maksimal nilai pinjaman, yaitu Rp 4,2 juta. Ada biaya administrasi sebesar Rp 25ribu yang harus kita bayar, jadi dipotong saja dari nilai pinjamannya.

Berikut surat bukti kredit dari pegadaian.

surat bukti kredit

Cara menebus barang di pegadaian

Bunga (disebut sebagai tarif sewa modal kalau di pegadaian) adalah sebesar 1.15% per 15 hari, sebulan berarti 2.3%. Dengan jangka waktu maksimal pengembalian selama 120 hari. Jangka waktu ini bisa diperpanjang, jadi kalau masih belum ada duit santai saja. Total saya mesti mengembalikan Rp 4,2 juta plus Rp 386.400 supaya barang yang digadai bisa “lulus dari sekolahan”.

Saat mengembalikan pinjaman, cukup bawa KTP, surat bukti kredit, dan nota transaksi penerimaan uang, seperti gambar berikut ini.

nota transaksi penerimaan uang

About Prabowo Murti

Hi, I read a lot, so I write a lot. Circle me on Google Plus

1,063 thoughts on “Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian

  1. Mas… saya mau menggadaikan barang di pegadaian negeri kota padang, mohon tips tupsnya supaya nilai taksirannya tinggi?? Thx

    1. Halo Bung Benson,

      Mobil, seperti motor, bahkan sepeda, bisa digadaikan Bung. Dicoba saja langsung membawa barang yang akan digadaikan ke pegadaian terdekat diserta surat-surat pentingnya. Salam.

      1. Mas maaf mau tnya klo gadai h0 samsung galaxy grand 2 bisa ga yah,trs kira2 klo untuk penyimpanan barang elektronik di pegadaian aman ga yah,mksudnya tkut ketindihan oleh brg lain ????.mksih

      2. Mas prabowo apkh ijazah sd bisa di gadaikn di pegadaian,trus jika bisa prkiraan hrganya brp mas

      3. Setahu saya ijazah tidak bisa digadaikan. Pegadaian akan merugi karena ijazah tidak berharga dan tidak bisa dijual kembali ke pasar bila peminjam mengalami gagal bayar.

      4. Kalo gadein motor tpi msih kreditan bsa gk ya?soalnya lgi butuh duit bnget..motor saya honda vario esp 150cc..

      5. hallo bung saya mau bertanya..

        kalo saya mau pinjam dengan periode lebih dari 120 hari itu kena biaya lagi atau gimana?
        saya mau gadaikan bpkb motor saya selama 1 tahun atau 365hari..
        itu bunga nya jadi berapa persen?

      6. mas maaf mau tanya kalo mau gadaikan tv LED 32 sanken bisa ga ya harga pasaran klo baru sekitar 2,4jt kurng lebih, sya beli baru dan blm dipake sehari pun, kira2 laku berapa ya? terima kasih.

    1. Halo Usamah,

      Sepertinya ada produk pegadaian khusus, namanya KREASI (linknya bisa ke sini KREASI PEGADAIAN). Kreasi menggunakan sistem Fidusia, jadi kendaraan masih bisa digunakan (yang “disekolahkan” hanya BPKBnya sahaja). Tapi apakah produk ini cocok atau tidak dengan kebutuhan Anda, saya kurang tahu.

      Mungkin pembaca lain ada saran?

      1. saya mau gadai ajb yg sudah ada rumahnya bisa nggak..saya tinggal dicibinong hub 081294249835
        Mendesak buat lebaran

    1. Halo Ridwan,

      Kemungkinan besar bisa. Mungkin tergantung tipe dan merek kali ya? Temen saya pernah gadai Canon 60D, tapi waktu itu cuma ditaksir 4 juta-an. Untuk pinjaman 500ribu hingga 20 juta setahu saya bunganya 1,15% per 15 hari, jadi 2,3% sebulan.

      Oh ya, kita tidak bisa menggadaikan handphone merek Blackberry ke Pegadaian. 😀

      1. Kak saya mau menggadaikan laptop Asus dual core baru dipake 5 bulan kira2 dihargai berapa ya

      1. Mas saya mw tanya . Klw surat tanah boleh digadaikan tidak? Dn Klw boleh kira2 uang Ny bisa DPt Brpa ya? Terimakasi mohon dibalas

      2. Mas mau nanya sy kalau mau gadaikan android samsung e5 sy bisa tidak ya,karena lg butuh duit buat modal.

  2. mas, kalo saya mau menggadaikan emas tapi cuma setengah gram tp surat suratnya ga ada bsa ga ? trs saya bisa ga mendapatkan pinjaman diatas dr harga emas itu ? mksh

    1. Salam kenal Bu Icha,

      Kalau cuma setengah gram kurang tahu saya, apakah itu dalam bentuk perhiasan? Surat nggak ada nggak masalah, yang penting nanti dari juru taksirnya biasanya akan memberi nilai pinjaman maksimal. Jika nilai taksiran misalnya 200ribu, nilai pinjaman maksimal biasanya di bawah 200ribu, misalnya 180ribu. Jadi kita tidak bisa mendapat pinjaman lebih besar dari harga emas.

  3. mas saya mau gadaikan silver, bukan emas putih tapi perak biasa, asli sih. kira2 bisa digadaikan gak ya? apa harus bawa surat2nya juga? tks

  4. Terima kasih mas atas tulisannya, saya semula ragu mau ke pegadaian… Btw, mas prabowo ini kuliah di UGM ya? Lulusnya tahun kapan?

  5. mas mau tanya, saya mau gadai surat tanah
    dengan nominal lmayan lah..
    untuk beli kendaraan buat usaha, disitus saya baca max 120hari peminjaman
    pertanyaannya apakah kita bisa menambah/memperpanjang waktu pengembalian? dan berapa maksimal waktu tersebut?

    terimakasih

  6. Mas kalau saya tinggal di jakarta dan KTP saya masih alamat di luar kota bisa atau tidak menggadainya di pegadaian jakarta?

      1. mas mau tanya apakah AJB rumah bisa digadaikan (persoalannya rumah sy kan masih dalam masa kredit oleh bank BTN), jdi belum keluar sertifikatnya…tks

      1. Barusan telp pegadaian, untuk handphone hanya bisa samsung, sony, kalau laptop min core i3. Semoga membantu, tadinya saya mau coba gadaikan Microsoft Lumia ga diterima :D, iPhone juga ga laku.

      1. Agak sulit, karena kita tidak bisa menunjukkan kalau laptop tersebut adalah asli milik kita (bukan curian) dan pegadaian sukar menaksir barang elektronik keluaran tahun yang lama.

    1. Salam kenal Bung Azis,

      Jika rantang, piring, dan sarung saja termasuk barang-barang yang bisa digadaikan di pegadaian, mungkin kursi roda juga termasuk bisa digadaikan, Bung. Dicoba tanyakan langsung saja ke pegadaian terdekat. Salam.

    1. Hi Daff,

      Sebelumnya kita akan dikirimi surat, semacam peringatan untuk segera melunasi atau menebus barang. Namun jika hingga masa waktu yang ditentukan tidak ditebus juga, barang yang digadaikan akan dilelang.

  7. pak saya mau menggadaikan jam tangan merk Aigner , kira” bisa dapat pinjaman brp ya ? dan jika masih pelajar belum ada ktp bisa pakek syarat lain ?

  8. Mas saya mau tanya, saya mau gadein bpkb motr apakah bisa? Trus motr msh bisa dipake kn mas? Klo seandainy qt mnt pinjam diatas hrga motr kira2 bisa g ya mas? Trus jngka pngmblian diperpnjang bs g? Tolg djwb y mas. Saya lg btuh.. trimakasih sblmny mas

    1. Salam kenal Arsya,

      Setahu saya sih kalau kendaraan bermotor, cuma BPKB saja. Saya belum pernah pengalaman Pak, mungkin komentator lain ada yang bisa membantu. Untuk jangka waktu pengembalian maksimal 120 hari atau 4 bulan. Kalau tidak ada dana, bisa mengembalikan sewa modal atau mencicil dan diperpanjang jangka waktunya. Tidak mungkin mendapat pinjaman di atas harga motor Pak, itu namanya Pegadaian nombok :)

      1. tadi siang saya ke pegadaian kayutinggi. saya sempat tanya sama satpam kalau saya mau gadaikan samsung galaxy tab 2 kata satpamnya bisa tapi nanti di minta surat”nya. padahal surat”nya ga saya bawa. yaudah alhasil saya pulang dengan membawa kekecewaan. padahal saya benar” lg butuh tambahan dana. haduhhh mumettt

  9. Mas..aku mau tanya untuk barang gadaian berupa akta kelahiran atau ijazah bisa gak ya? Saya màu gadai dalam jangka sebulan aja,.kira2 taksiran dan bunganya brapa ya? Makasih mas

    1. Salam kenal Ibu Dian,

      Perhitungan bunga per 15 hari adalah 1,15% dari sewa. Maksimal jangka waktu 4 bulan tapi kalau 10 hari sudah ditebus berarti hanya bayar pinjaman plus bunga 1,15% saja Bu. Demikian.

      1. Assalamualaikum mas, klo gdain bpkbnya sma motornya kn bsa tuh, tp klo pajak spda, sma platnya mati, bsa nggk mas.? Tp d gadain smuanya.

    1. Kalau nebusnya dalam waktu 15 hari ya tinggal dikalikan saja Bung.

      1,012 * 2250000 = Rp 2.277.000. Jika nebusnya makin lama berarti makin gede tergantung seberapa lama masa pinjamnya.

      1. Mas kalau gitar elektrik bisa gk mas? kondisi masih oks banget kok dan layak pakai. sekaligus masih ada hard-case nya juga. Terus apa saja ya surat2 yang perlu dibawa selain ktp? Guitar ini hadiah soalnya. Tolong jawab ya mas aku perlu detilnya. Thank you

      2. Maaf saya kurang tahu. Kalau dari pengalaman orang di forum, sepertinya masih bisa. Tidak ada surat khusus, yang penting bawa barangnya dan kartu identitas asli. Semoga berhasil Bung Nier.

    1. Kalau sudah lewat tanggal jatuh tempo, iya kita akan dikirimi surat, kalau tidak ada respon juga dalam selang waktu sekian hari (saya lupa berapa hari), harta kita akan dilelang.

  10. Sore pak…

    saya mau bertanya, apa BPKB motor saya bisa digadai di pegadaian dengan no. pol BK dari kota medan, karena saya dlu pernah tinggal dimedan tp skrng saya tinggal di Jawa Barat SUkabumi. apakah Motor saya bisa digadai di pegadaian Sukabumi. Terimakasih

  11. Maaf mas saya mau tanya, kalau misal sampai waktu yang ditentukan cicilan kita untuk barang yang di gadaikan belum lunas, apa bunganya juga akan terus bertambah ?

      1. Kalau mau gadai sertifikat rumah itu bisanya di pegadaian mana yach?.kalau rumah atas sertifikat di daerah tambun selatan b?????a tdk gadai di pengadaian pusat jakarta di jln Kramat..

  12. Mas . Apa d pegadaian bisa pake sengketa tanah .saya mau ngajuin klo bisa ..apa d pegadaian pke survey ga ..
    Klo bisa pke sengketa apa saja syart nya ..

  13. Maaf mas saya mau tanya, tp kalau kurang berkenan mohon dimaafkan..
    semisal saya sudah ada barang yang digadai di pegadaian, belum lunas tp saya ingin memasukan barang untuk digadai lagi. itu apakah bisa atau harus dilunasi dulu barang sebelumnya? terima kasih.

  14. malam mas, maaf sya mau tanya. kira-kira kalo kios digadaikan bisa nggak ya mas ? sya ada sewa kios masih sekitar 12 thn lagi, tp malah tidak jadi sya pakai. kalau sya gadaikan kira-kira bisa tdk ya mas ? niatnya mau sya pakai utk modal usaha yg lain. terimakasih.

  15. Mas,saya mau gadai bpkb motor byson.tp bpkbnya saja,atas nama suami saya.bisa ga ??persyaratannya apa saja ?kalo suami saya ga ikut ke pegadaian bisa ga ?

  16. mas mau tanya ya. saya mau gadain camera. trus jangan waktu tebusnya sampe berapa minggu ya? trus kalo ga di tebus apa ada dendanya? makasih mas

    1. Jangka waktu bervariasi tapi biasanya kelipatan 15 hari, maksimal mungkin 3 bulan. Nanti jika memang belum ada dana, jangka waktu bisa diperpanjang selama kita membayar cicilan bunganya. Itu yang saya ketahui, mungkin kurang lengkap dan bisa ditambahkan oleh komentator yang lain. Terima kasih.

  17. Mz…aku orang baru dlm hal gade.cuman nih mendesak,(butuh duit). Mau gade leptop acer aspire|v5 touch.mzh baru…dpt hadiah dari undian.kalo haraga baru 5.800.000 (kata google)kira kira dapetnya /jatuhnya berapa % yah,,dan klo mau di gadai,di bawa semua se isi dus(cas,buku”panduan,sarung laptop),apa cuman laptopnya saja. Pling lama brapa bulan mz,untuk gade leptop.trimaksiiih.

    1. Untuk laptop saya rasa agak sulit mendapat pinjaman yang menyamai harga belinya di pasar. Kelengkapan laptop hingga ke buku panduan dan sarungnya tidak banyak berpengaruh terhadap jumlah uang yang bisa dipinjamkan pegadaian. Jangka waktu 3 bulan dan bisa diperpanjang.

  18. Mz…aku orang baru dlm hal gade.cuman nih mendesak,(butuh duit). Mau gade leptop acer aspire|v5 touch.mzh baru…dpt hadiah dMoh ah males pan go aa lgk cd roome ari undian.kalo haraga baru 5.800.000 (kata google)kira kira dapetnya /jatuhnya berapa % yah,,dan klo mau di gadai,di bawa semua se isi dus(cas,buku”panduan,sarung laptop),apa cuman laptopnya saja. Pling lama brapa bulan mz,untuk gade leptop.trimaksiiih.

  19. Mav mas sya mau tnya jika sya gadai hp samsung galaxy tab 3 bsa tdak ya mas..saya kira2 mau pinjam skitar 2jt 500rb…kira2 bsa tdak ya pak&brpa bunga nya pak…terima kasih

    1. Salam kenal Bung Zoen,

      Kalau gadget dirilis sudah sejak 2013 (untuk samsung galaxy tab 3), saya kurang tahu Bung, kemungkinan agak sulit. Perhitungan bunga sudah dijelaskan di artikel di atas. Terima kasih.

    1. Apa bedanya dengan Ibu menarik tunai dari kartu kredit Panin? Kalau nggak perlu duit, kalungnya direlakan saja Bu, daripada kena jerat kartu kredit. Itu menurut saya ya…

  20. Mlm mas…saya mau nanya…kalau mau gadai surat tanah tapi masih AJB ( akte jual beli )… kira” bisa g y mas…surat ajb atas nama almrhm bapak saya..tp sudah di urus surat ahli waris dan surat kuasa atas nama ibu saya…terima kasih

  21. Maaf mas saya mau tanya….kalo saya mau gadaikan nano spray dan magic stik original bs terima gk mas di pegadaian ?mohon info nya..terima kasih…

      1. Perawatan wajah berbasis oksigen mas,dan skrg ini lg booming.. saya beli nano spray & magic stiknya 2.4000.000 …ini trmsuk barang elektronik ..kira2 bs gk untuk digadaikan ?. mohon info nya mas… mksh..

  22. Mas,kalau gadai ipad mini bisa nggak? Taksiran harganya berapa yah pak kalau di daerah jawa tengah? Kemudian,bisa nggak menggadai lebih dari satu barang dalam satu hari,tapi satu nama atau satu ktp? Terima kasih

    1. Tablet rata-rata bisa tapi dihargai murah. Persisnya berapa saya kurang tahu. Bisa menggadaikan barang di pegadaian lebih dari 1 macam di hari yang sama, dengan nama yang sama, tapi saya nggak tahu surat gadainya dijadikan satu apa dipisah.

  23. Mas.saya mau.nanya kalau saya gadai bpkb motor plat F di daerah jakarta selatan bisa tidak….terima kasih

  24. mas, saya mau tanya,, saya mau gadaikan pc komputer amd bulldozer+monitor+soundspeaker,,kira2 taksiran harga cpunya per part(dinilai spesifikasinya) atau komplit aja ya? sama syaratnya kalo cuma fotocopy ktp bisa gak ya?,,trimakasih sebelumnya..

    1. Komplit atau sepotong-sepotong dihargai tidak jauh berbeda. Saran saya dijual saja semuany (kalau memang butuh uang), jangan digadai. KTP harus asli, karena nanti dicek sama petugasnya. Tapi yang diberikan hanya fotokopi.

      1. selamat siang saya mau nanya ni.. saya mau gadia barang di jkarta tp saya ga punya ktp jakarta.apa bisa pak

      2. Mas saya mau nanya klo samsung ace 3 bisa gk ya?? Kondisinya sih sudah ter root, cassing blakang nya bekas terbakar, dan pinggiran hp nya kebesot-besot masih bisa gk ya?? Makasih

    1. Bisa Bung, KTP atau kartu identitas tidak mesti berada di domisili yang sama dengan Pegadaian. KTP saya juga dari Kalimantan, namun bisa dipakai di Pegadaian Slipi Petamburan, Jakarta. Alamat tinggal saat ini juga sebaiknya dicantumkan seperti form di atas, untuk pengiriman surat.

  25. saya mau nanya ni Mas..
    kalau sya mau gadaikan sepeda motor akan tetapi sepeda motornya msh dalam keadaan kredit, masih bisa sya gadaikan gk Mas..?

    tolong d bantu..

    terimakasih.

      1. BPKB dan STNK atas nama saya sendiri akan tetapi BPKBnya msh d showroom krn
        motornya masih kredit Mas..

        kira-kira saya bisa tidak mengajukan pinjaman di pegadaian Mas..?

        terimakasih..

  26. Mas, saya mau tanya, kalau saya mau gadai motor saja bisa gak? Tanoa bpkb .
    Karna bpkb saya masih disekolahin,
    Tapi saya masih ada fotocopi bpkbnya,,

      1. pak kalai mau gadai motor roda 3 th.2010 dan bpkbnya tapi mati pajak 3th bisa enggak?tmksh

  27. saya kan sudah menggadai emas di pegadaian harga taksiranya 4.5 tapi saya pinjemnya cuma 2 jta,ni saya lgi butuh uang kalo misal mau nambah pinjaman lagi 2 jta bisa gak?

  28. Mas kalau mau gadai laptop itu barangnya terjamin ga apa nanti di pakai-pakai? Terus kalau rusak ada ganti rugi tidak dari pihak penggadaian nya.. terimaksih mas…

    1. Setahu saya tidak mungkin sampai terjadi seperti yang Ibu Ninda khawatirkan, kecuali ada oknum-oknum tertentu. Semua barang yang digadaikan akan diasuransikan, misalnya karena pencurian, atau kejadian luar biasa seperti kebakaran atau bencana alam.

      1. Slamat siang bung
        Saya ingin mengajukan Ajb tanah tanpa bangunan(tanah kosong) bisa tidak?? L.100m
        Mohon infonya bung domisili tanggerang

  29. Pak saya mau minjam d pegadaian tpii saya tdak memiliki ktp atau pun sim,,, tp saya mau mngadaikn buku hitam motor,, tpi motorny masih dipakai yg d gadein cma buku hitam apa bsa pak.
    blass pak tolong saya butuh bngt

      1. Aduhh serius g bisa digadein kalo ijazah SMA? Padahal udah niat mau gadein besok siang,kalo kompor gas bisa atau tidak mas

      2. Ijazah saya rasa tidak punya value khusus di mata orang pegadaian. Tidak ada kah barang lain yang bisa Anda gadaikan, seperti handphone atau laptop?

  30. Mas mau tanya, saya mau gadai hp sony xperia m keluaran july 2013, tapi saya beli februari 2014, kisaran harga barunya skrg 1,8jt secondnya 1,4jt, kira2 kalo di gadai maksimal berapa yaahh??,
    Mohon balasannya mas,
    Terimakasih

    1. Tidak bisa diterima di Pegadaian karena menurut juru taksir, barang tersebut tidak memiliki valuasi untuk bisa dijadikan barang gadai. Dengan kata lain, jika nasabah pegadaian tidak dapat melunasi hutangnya, maka barang tersebut tidak bisa dijual ke market.

  31. Assalammualaikum.saya arifin di batam mw bertanya bisa tidak pinjam uang 5,5jt di pegadaian untuk bayar kuliah barang yang di gadaikan laptop hp mini…..?

  32. Mas saya mau tanya jika saya ingin menggadaikan jam tangan merk Luarent Dior ( katanya jam nya berlapis emas ) kira” bisa tidak ya. terima kasih

  33. numpang tanya mas….kalau gadai surat tanah yg blum sertifikat bisa tidak ya ?
    suratnya sppt/skt gitu mas….trimakasih.

  34. Malam mas.. sya mau tanya. Misal nya barang yg kita gadai tidak kita tebus2 sampai jatuh tempo. Itu bagai mana mas?
    Apa barang kita langsung di lelang/ ada pemberitahuan terlebih dahulu..
    terima kasih . .. salam.

  35. Mas maaf mau tanya,apa barang yg d gadaikan d jamin aman,apakah pihak pegadaian barangnya berhak pake barang tsb? Ato mungkin ada kerusakan ada asuransinya? Tolong minta penjelasan.

    1. Ada asuransinya. Pegadaian biasanya juga melakukan seleksi ketat terhadap barang apa saja yang bisa digadaikan, karena terkait gudang atau ruang penyimpanan barang. Biasanya, barang-barang yang mudah berkarat/rusak biasanya tidak bisa digadaikan.

  36. Ooo gitu y pak! Sebenar barang yg inggin saya gadai itu bisa diterima tidak? Apakah pegadaian tiap cabang nya berbeda ketentuan asumsi nya?

    1. Menurut saya tidak ada yang salah dengan menggadaikan tablet, apalagi ipad air yang notabene tahun pembuatannya masih relatif baru Bung. Mungkin Bung kurang beruntung, dengan berhadapan pada pegawai Pegadaian yang kurang paham. Jika ditest di pegadaian lain kasusnya masih sama, berarti memang tidak bisa.

  37. Pak mw tnya, klo gadaikn spd motr, wajb dg bpkb nya atw tdk? Klo bpkb nya sdg utk jaminan ditmpat lain gmna pak? Mkash

  38. Hai mau nanya. Kalo saya mau gadein hp samsung galaxy Y, udah butut bgt sih, kira2 100rb aja ada gak ya? Aku butuh 100rb doang-_- mau gak kira2 pegadaian ngasih 100rb aja? misalnya dia nawarin 200rb ditaksirnya, tapi saya mau ambil 100rb aja, bisa kah?

  39. Mau nanya,,saya mau gadaikan bbkb motor buatan thn 2013, pajak mati 1 tahun,, tapi bbkb nya atas nama tangan pertama,,kira2 bisa g pak,,,

      1. pa prabowo mau tanya kalo tv merk politron 21 in paling di taksir kisaran berapa ya pa??kalo ke pegadaian…

  40. Mas kalau gadai kalung emas sktar 8 gr trus brpa blan bsa di tbus kmudian jika tdk bsa kta byar gmana ya trma ksh

    1. Kalau bener-bener bagus mungkin dapet 2 juta setengah (kisaran). Kalau lewat 120 hari tidak dibayar pinjamannya, pertama dikirimin surat disuruh nebus. Kalau seminggu nggak ada kabar, barang gadai akan dilelang (dijual ke umum). Kalau mau, bayar bunganya saja tapi pokok pinjaman tetap kena bunga.

      1. Mas klo silver tiffany & co asli dr hongkong bisa di gadai tidak? Mohon infonya. Thanks

    1. Setahu saya tidak bisa. Untuk kendaraan bermotor agak sedikit lebih sulit karena persyaratannya sedikit lebih banyak seperti BPKB harus atas milik sendiri, dan harus sesuai dengan domisili yang sama dengan Pegadaiannya.

  41. wah wah,semua kok pada nanya kesini.. langsung aja tanya ke pegadaian hahahaha . dikira penulisnya org pegadaian apa, padahal cuma sharing pengalaman..ckckckck

      1. Bawa laptopnya saja boleh tidak? Karena surat2nya hilang. Dan dus nya sudah dibuang. Yang ada cuma laptop, tas laptopnya, sama chargernya. Bisa?

  42. Mas, mau tanya, gadai hp tidak bisa di semua kantor pegadaian ya? kok saya mau gadai hp di pegadaian pasuruan tapi kantor nya mengatakan tidak menerima gadai hp dan elektronik, hanya perhiasan saja. mohon pencerahannya mas?

  43. gimanacara gade mobil //mobil saya kijang SPR SH /KF40//TH;1991
    keadaan sehat dipakai. dan kalau bisa berapa .harus maksimal ,di pinjami//dan apa mobil/di tinggal/apa cukup bpkb//mohon di jelaskan /permohonan saya//trims

  44. Mas kalo dipegadaian bisa gak gadai keyboard (elektronik musiC ) …
    Trus kalo gadai leptop gitu ke pegadaian cabang atau pusat atau kemnaa ???

  45. Mas kalo gadai keyboard (electronic music ) bisa gak ? Trs kalo gadau leptop harus ke pusat pegadaian atau ke cabangnya ?

  46. mau tanya mas,
    kalo gadaikan bpkb kendaraan dan tidak sanggup kembalikan uang nya. apa kendaraannya di sita ?
    apa ada kewajikan pinjaman mesti kembali ? (siapa tahu tidak sanggup bayar di kemudian hari)

  47. Malam mas,sy mau tnya kl mau gadai tv merek LG sdh smart tv,3 dimensi wktu beli harganya 13 jt bisa gak mas?! Trma ksh sblmnya…

    1. Kemungkinan besar bisa. Pilih kantor pegadaian yang agak besar, karena ada yang komentar tidak semua kantor pegadaian bisa terima barang elektronik. Semoga berhasil, Bu Suryani.

  48. Kalo hp nokia th 2012 yg gak ada kameranya gitu bisa gak mas di gadaiin.. Masak sarung aja bisa hp gak bisa?

      1. mas kalo mau gadai sertifikat rumah syaratnya apa aja ya? trus rumahnya di survey ngga?tlg balas cepat:)

  49. Asalamuallaikum,maaf mas saya mau nanya,apakah laptop mfg data/thun 2012.bisa ?dan klau bisa apakah harga taksiran yg dikluarkan 50per dri harga second nya.terimakasih

  50. maaf mas mau tanya, kalo gadai handycam bisa?. dan apakah boleh jika kita tidak menebus/membayar barang yg kita gadai? jadi barangnya buat pegadaian dan kita dapat uang pinjaman yg tidak usah dibayarkan kembali ke pegadaian?

    1. Jika memang berniat untuk menjual barang, saran saya jangan ke pegadaian Bung. Bung bisa jual di tempat lain (KasKus, bukalapak, dll) karena dari pegadaian pasti dihargai lebih rendah dari harga pasar. Semoga berhasil. Salam.

      1. Pak saya mau tanya, kalo mau gadai hape samsung galaxy grandprime lolipop kira2 bisa ngga ya?kalo bisa tafsirannya brp yah?sampe 1,5 juta ngga terima kasih

  51. Halo pak.. mau tanya kalo misal kita mau gadai coba gadai di jakarta tapi ktp daerah bisa ngga ya? Lgi BU bgt ni.. tlg infonya ya.. terimakasih.

      1. Mas, saya mau tanya apakah bisa gadai hp blackberry onix ngga? Dan apakah pelajar smk bisa juga untuk menggunakan jasa pengadaian?

        Terimakasih.

  52. Mas mau tanya, saya waktu itu gadai laptop dengan batas waktu sampai 20 april 2015. Saya sudah dapat uangnya mas tinggal saya serahkan, sementara saat saya ke pegadaian sudah tutup duluan. Kira2 gimana ya mas nasib barang saya ? Ttp bisa ditebus ga kalo telat 1 hari ? Soalnya saya baca keterangannya tgl 24 2015nya barang akan dilelang. Mohon bantuannya mas

  53. Pa, numpang nanya. Bisa gk gadai sertipikat tanah asli tpi, surat tanahnya bukan atas nama ayah saya krna rumahx baru dibeli 2 tahun lalu dn suratx blm dibalik nama atas nama ayah saya, tpi ada surat bukti jual beli dri pmilik asli untuk ayah sya. Trmakasih.

    1. Sejauh yang saya tahu tidak bisa, Bung Mick. Kecuali, saya pernah dengar ada oknum yang bisa “meloloskan” proses seperti ini di bank. Saya tidak tahu teknisnya, mungkin ada pembaca lain yang bisa menjawab (?)

  54. kak mau tanya , kalo mau gadai velg motor / camdig sony tapi cuma ada chargernya saja bisa gak? trimakasih

  55. Pak Prabowo, saya mau Gadai Laptop , Kira-kira maksimal uang yang didapat dari Laptop Saya Berapa ya dan apa saja persyartannya? Lenovo G40

  56. Bisakah menggadaikan sertifikat rumah dan bagaimana cara pengembaliannya? Apakah bisa seperti kalau kita mengajukan kredit di bank dengan cara menyicilnya tiap bulan dengan jangka waktu sampai 2 tahun atau lebih?

  57. permisi mau tanyaa jikaa sayaa gadai bpkb tp cuma ambil 3juta atau dibawah kisarann gitu gapapa kah?? terus apakah lunasinya harus cash? terus klo bisa nyicil itu proses nya gimana??

    1. Nilai pinjaman harus lebih kecil atau sama dengan nilai taksiran, jadi kalau nilai taksirannya di atas 3 juta masih sah saja meminjam Rp 3 juta. Pelunasannya terserah mau langsung atau mencicil.

  58. mas mau tanya klo saya mau gadein bpkb tp saya cuma ambil 3jt/ dibawah kisaran gitu gapapa kah? trs apakah lunasinya hrs cash? klo bisa nyicil gimana lg prosesnyaa?

      1. Maaf Pak, sekalian tanya ni.. Jika emas putih dalam bentuk perhiasan kalung, cincin, gelang, dsb.), namun surat2nya / nota hilang.. Apakah masih bisa memperoleh pinjaman? Makasih sebelumnya atas jawabannya.

  59. ka mau tanya
    kl gadaikan /ngajuin pinjaman jaminanya surat nah AJB bisa g,,cuma 10 jt si
    luas tanah 200 m cma sampe 1 bulan ja
    bisa g ya

  60. Gan.. Misal saya butuhnya bukan uaang tp brang/motor yg hanya mau dipakai 1 bulan. Setelah itu dikembalikan lg gtu Kira2 dipegadaian bisa ga?.

  61. mas Prabowo Murti yg terhormat,sy mw tnya.BEGINI ,SY MW MENGGADAIKAN SPD MOTOR YG HRG KISARAN 9 JUTAAN.
    MSLAHNYA MOTOR TSB BKN ATAS NM SY TP ORG LAIN,KRN SY SAAT MMBELI SY TERMASUK ORG YG KETIGA.

    JDI APAKAH SY BS MENGGADAIKAN MOTOR SY ,SDANGKAN KPEMILIKAN MOTOR BUKAN ATAS NAMA SYA, YG MANA HRS SESUAI DNG NAMA KTP SAYA.MOHON BANTUANNYA MAS,,,KRN SY SANGAT MMBUTUHKAN UANG BUAT NAMBAH MODAL USAHA SAYA,…..

    MAS TOONG KALAU BS D KIRIM JG KE EMAIL SAYA YAH,KRN SY MW SHARING LEBIH DLM LAGI DLM DUNIA BISNIS. TERIMAKASIH.

    INI EMAIL SAYA. ahmadyanto_47@ymail.com

  62. Mz mau tanya saya mau gade motor baru ni blm ada platnya, tpi sudah ada STNKnya saya mau gade tpi ga da BPKBnya gpp mz.. Mksh

  63. Maaf mas kalau seandainya pinjaman dibayar 2 bulan awal misal apa masih harus membayar bunganya selama 4 bulan juga.

  64. Pak.prabowo …
    Saya minta proaedur dan tata cara menggadaikan sertifikat tanah . Sertifikat Atas nama sendiri pak ? Apa saja syarat dan lroaedur yg di perlukan ! Trimakasih

  65. Assalamualaikum mas, saya mau tanya, kira2 gadai laptop Asus X451CA Core i3 Ram 2Gb Hardisk 500GB bisa gak ya di pegadaian? soalnya lagi ada butuh uang mendadak nih , terimakasih sebelumnya

  66. mas mau tanya, kalau bpkb motor asal dari jawa tengah mau digadaikan di penggadaian daerah jakarta bisa apa tidak.

  67. Mas saya sudah ke pegadaian niat mau gadai laptop, tapi kok harus bawa kwitansi pembelian laptop tsb. kwitansi saya hilang. ada sarankah??

  68. mas prabowo, saya punya laptop mau digadaikan dipegadaian, tapi diluar domisili ktp saya ,saya orang tasik tapi kerja di bandung, maksud saya mau gadainya dibandung ,bisa ngak?mohon jawabannya,makasih sebelumnya,

  69. Untuk komentar atau pertanyaan dari pengunjung yang tidak saya balas, mohon maaf sekali. Bukan karena saya tidak mau menjawab, tapi saya bingung mau jawab apa. Tidak semua hal tentang pegadaian saya ketahui. Mungkin ada pengunjung lain yang berkenan berbagi pengalaman dan informasi.

    Terima kasih.

  70. Kalau cara pelunasan barang yg digadai itu system nya ada jangka waktu yg ditentukan atau bisa kita angsur pembayaran nya?

    1. Ada jangka waktunya, tapi misal belum ada dana untuk pengembalian, kita bisa bayar bunganya saja, dan pokok pinjaman bisa nanti-nati. Contoh, misal gadai emas dapet 1 juta rupiah. Jangka waktu 3 bulan. Misal bunga 1,15% per bulan, berarti bunga selama 3 bulan = RP 69.000. Di akhir bulan ke-3, kita hanya bayar 69ribu dan administrasi (nilainya saya kurang tahu). Nanti jangka waktu bisa diperpanjang lagi 3 bulan lagi ke depan. Demikian.

  71. Mas, aku mau tanya bisa gak ya gadai notebook samsung NP-NC108 di pegadaian ? Harganya di pasaran masih 2.999.000 kalo di pegadaian harga pasarannya berapa ya ? Mohon di jawab mas makasih

  72. mw nanya kl gadai hp samsung galaxy v bs gak n taksirannya brp. kl bs d gadai perlu nota gak. trmksh

  73. Mas mau tanya dong
    Kalau gadai srtifikat rumah bisa ga ya mas
    Soalnya kepepet banget butuh uang
    10jt bisa ga ya mas
    Makasih

  74. Pak, jika saya sdh gadai emas, kemudian mengembalikan pinjaman tsb dgn cara mencicil. Jika sampai batas wkt saya ternyata baru dpt melunasi setengahnya saja, apakah emas saya akan disita? Apakah saya bisa minta perpanjangan wkt pinjaman?

  75. Salam kenal mas bowo.. Mau tanya klau gade Hp samsung A5 brp yah kira2 dapet pinjamannya, baru 2 bln lalu saya beli kisaran 5jtan.. Mohon infonya bos bowo.. Thx u

  76. Selamat sore mas.
    Saya mau nanya saya adalah seorang mahasiswa semester 4 di jakarta , saya mau ke pegadaian mau meminjam uang sekitar 5 jt apakah bisa dengan jaminan ijazah?? Terimakasih

  77. Mas aq mau tanya.. Klu gadai tv LED politron 32inc + 2 speker aktif politron kira2 dpt brpa ya mas harga gadainya

  78. mas , kalau gadai laptop asus core i3 keluaran 2014 , berapaan tafsirannya yaa mas ?
    sampe engga 3 jutaan mas , klo dipasaran harga jualnya 3,2 mas
    terima kasih

      1. Mas saya mau tanya kalo mau gadein laptop asus x455La Core i3 tapi kwitansi nya hilang bisakah???

  79. Malam.mas prabowo mas sy lagi butuh dana ni cm untuk dua hari sajah.. tapi cm punya motor masih kurang dua bulan baru lunas.. biaa gak ya mas?! Vario techno 2014 bulan 2 mao pinjem 3 juta ajah.. oia klo emas suratnya hilang bisa gak yah mas.. makasi

  80. Mas, sya masih ada barang yg digadai bLum diLunasi, tapi sya mau meLakukan peminjaman Lagi tetapi dengan brng yg sama yg masih ada di pegadaian.. Apa bisa mas?

  81. assalamualaikum.
    mas saya mau gadaikan laptop asus karena butuh uang buat bayar spp . tapi saya belum punya ktp kalau pakek kartu pelajar bisa ngak ?

  82. mas bowo, boleh minta email atau kontaknya ga? saya ingin tau lebih banyak tentang pegadaian yg lebih detail karena saya sedang butuh produk yg pas untuk modal usaha saya.. kalau boleh di reply ke email saya ya mas bowo.. salam kenal nindi

  83. Met pagii .
    Mas saya mau gadein emas berlian 4+ gram , kira” dpet ny brapa ?
    Jam buka pegadean ny brpa ??
    Makasih :-)

  84. Saya sudah penuhi semua berkas tapi sdh 2 minggu gk ada respon . Boro2 cair . Survey aja kagak. Berkali2 dtngin pegadaiiannya langsung jawabannya selalu sama . Mau nunggu smp kpn ? taun depan ? Payah bangeetttt . . . .

  85. Mau tanya mas bowo.saya mau gadai sertifikat rumah+usaha tempat tinggal saya,dengan jangka waktu paling cepat di lunas 3 hari,paling lambat 1minggu.dengan pinjaman sebesar 165 jt,butuh dana cepat mas.sertifikat atas nama nenek kandung,nenek masih hidup sampai saat ini.bisa gak pengadain menerimanya permohonan saya. Tolong dii jawab mas.

      1. Tidak mas..msalahnya nanti dibuat perjanjian hitam di atas putih..gimana menurut mas kira2 kantor pengadain mau menerimanya atau tidak..tolong jawabanya mas.bisa atau tidak.butuh cepat mas.penting..serius buat menyelesaikan musibah di keluargaku.

      2. Terus terang saya tidak tahu. Biasanya jika ingin menggadaikan surat tanah, pihak pegadaian akan melakukan verifikasi seperti : apakah tanahnya sedang dalam proses sengketa, kelengkapan berkas dari pemohon, termasuk survey ke lokasi. Prosesnya sepertinya panjang (kecuali ada oknum yang membantu).

  86. Saya mau tanya pak…
    Saya butuh uang untuk bayar kuliah saya, tapi saya cuman punya kompor induksi untuk digadaikan…

    Dan seumpama saya tidak bisa mengembalikan uangnya sesuai dengan ketentuan itu gimana pak??

    1. Saya kurang tahu apakah kompor induksi bisa digadaikan atau tidak. Seandainya setelah jangka waktu tertentu tidak ditebus, maka pegadaian akan menghubungi kita (menagih), mengirim surat, dan bila dalam waktu (kalau tidak salah) 3 hari tidak ada respon, barang akan dilelang.

  87. ka kalau misalnya saya mau gadai laptop acer aspire one keluaran taun 2007 bisa ga?gak butuh sampe berjuta2.ratusan ribu jg gpp.kira2 bs gk ya?

  88. Ass..
    Mas mau tanya kalo mau gadai iphone5g itu harga taksirannya berapa ya?dan bunganya berapa mohon info. Tks:)

  89. mas mau gadai motor,beserta bpkb,stnk supra X 2005 tapi pajak mati 3 thun agustus ini
    kira2 bisa gak ya mas 3jt an

  90. Selamat malam Mas, saya ingin tanya kalau utk tv led sharp aquos 32″ bisa diterima sbg jaminan tdk? Karna saya trauma, kedua hp saya merk advan dan asus tdk diterima padahal nilai jual masih lumayan, mohon info utk tv ya mas, thank..

  91. Halo. Saya mau tanya nih. Sebelumnya saya pernah pinjam di pegadaian, agunannya berupa cincin emas. Belum jatuh tempo. Kalau saya mau gadai cincin emas saya yang lain masih bisa atau tidak? Apa saya harus lunasi pinjaman yang awal dulu baru bisa kembali melakukan pinjaman? Terima kasih.

  92. Maaf mas diliat dari atas kayanya gadai sertifikat rumah bisa , tapi kemaren saya tanya ke pegadain tidak menerima ,,hanya barang bergerak,,,apa tidak semua pegadaian menerima sertifikat rumah ,,atau cuman pegadaian tertentu ,,,terimakasih ,,wilayah bandung dimana kira kira yang bisa?

  93. mas mau tanya,saya mau gadai laptop nih,tapi kalau saya minta pinjamssn dikirim lewat ATM kira-kira apa bisa?

    soalnya butuh saldo untuk pendaftaran universitas
    terima kasih

  94. mas mau nanyak ni kalo laptop merk hp masih lengkap garansi dan garansi ada 2 bulan lagi apa itu bisa? dan dapat pinjaman brapa ya? makasih

    1. Tidak ada BPKB tidak bisa Mas. BPKB itu bukti kepemilikan kita atas kendaraan bermotor. Kalau tidak ada itu, bisa saja motor kita dipinjam orang lalu digadaikan ke pegadaian.

  95. Mas saya mau tanya, kalo tas sekolah merk Exsport bisa digadai tidak? Trs saya masih kelas 10 kira2 bisa gak pakai kartu pelajar utk bukti identitasnya?

  96. Kak bowo angel mau nnyaa notbook merk accer tp intel atom n550 bisa ga ya digadein n hp samsung andro, tp surat2ny udh ilang. Btuh dana ni kak. Bisa ga ya??

  97. saya uda pernah kepegadaian ,saya mas mau nanya kl kita pilih keperlan tuk usaha syarat nya apa aja ya mas, trims ya mas

  98. mau tanya juga kalo motor beli baru cash th 2015, tapi bpkb nya belum terbit, hanya kwitansi pembelian , stnk ada, apakah bisa digadaikan ?

  99. Mas, mau nanya dong. Kalo gadai camera dslr canon bisa enggak ya? Udah enggak ada surat2nya sih tp lagi butuh dana banget

  100. Mas mau tanya saya mau gade tv 21 inch samsung LED ,sama dvd politron satu set dengan spker aktif nya kira” bsa gak yah saya bli belom satu th ?

  101. maaf mas mau nanya tadi saya baca koment sepertinya PS 3 ga bisa di gadai ya?
    kalo boleh tau kira kira apa alasanya ya?
    terima kasih sebelumnya

  102. mas prabowo klo saya mu gadaikan laptop acer beli thun kmren bisa d proses g ya?ktnya harus punya usaha kecil drmah selain kerja d kantor gtu y?thanks

  103. Malem mas, saya boleh numpang nanya ga? Saya harap bisa ya. Terima kasih sebelumnya.
    Saya lagi ada kebutuhan mendadak. Kalo saya gadai TV LED 32inch tipe TH-32A402G di pegadaian kira2 saya dapet pinjeman berapa duit ya? Saya kmrn beli tv nya 2,6 jt mas.
    Dan kalau saya gadai HP smartphone Sony Xperia tipe C3 Dual berapa duit ya mas yg bisa dipinjamkan ke saya. Tapi hp ini masih dalam status kredit, sisa 4 bulan x Rp. 514000 mas. Harga cashnya 3,9jt. Kira2 bisa ga mas?
    Makasih ya mas , saya tunggu jawaban secepat mungkin.
    Malam…

  104. Mas saya mau menggadaikan sertifikat atas nama ibu saya. Namin ahli warisnya saya karena sudah alm. Lokasintanah di nganjuk. Apa harus digadaikan di pegadaian nganjuk juga? Bisa tidak kalo digadaikan d solo.

  105. Mau tanya, kalau menggadaikan emas harus sama surat2nya coz sodara saya menggadaikan emas itu harus sama pakai surat2nya.

  106. Mau tanya kalau menggadaikan jamsostek/bpjs bisa gk ya?? Soalnya kalau saya cairkam sya kerja juga belum 5 th..terima ksih

  107. Pak mau tanya apakah jamsostek/bpjs bisa digadaikan…soalnya kalau saya cairkan…saya bekerja belum 5th….masih 4 th…..terima kasih

  108. mas saya mau gadaikan surat rumah tp petok D kira2 bisa apa tidak ? dan biasanya cair sampai brp?
    trima kash

  109. jika saya ingin menggadaikan barang X milik saya, apakah ketika saya menebus barang X tersebut, akan sama persis dg barang X milik saya itu? apa barang saya tidak tertukar atau diduplikasikan? mohon pencerahannya..

      1. permisi mas, saya mau nanya? saya mau gadai bpkb motor beat tahun 2013, klo saya mau minjam 5jt bisa gak ya?
        trus kan masa jatuh tempo nya maksimal 4bulan, klo saya sanggup bayarnya 10bulan, itu gimana ya mas? apa saya harus perpanjang per 4bulan sekali? atau gimana ya mas? mohon bantuan nya.

      2. Bisa, coba langsung bawa BPKB dan kartu identitas ke pegadaian terdekat. Untuk perpanjangan masa pinjaman, nanti akan ada biaya administrasi, dan kita harus bayar bunganya terlebih dahulu (saat ini sepertinya masih 2,3 persen per bulan atasu 1.15 persen per 2 pekan). Kalau emas kemarin, saya 90 hari maksimal. Kalau untuk kendaraan mungkin lebih dari itu, kurang tahu saya.

  110. mas kalo barangnya gak diambil atau belum bayar pelunasannya itu..barangnya dikembalikan ke kita ..apa barangnya di lelang terus kita bayar atau gimana?

  111. Mas, klo ps2 bisa ga digadai? Kalo bisa, Saya kan pelajar tuh mas. Kalo poto copy kartu pelajar bisa ga ?

    1. Gadai playstation kata beberapa komentar di atas sudah tidak bisa Bung, mungkin kasusnya diterima hanya di beberapa pegadaian. Saya kurang tahu. Kalau Bung masih pelajar, tidak bisa menggunakan kartu pelajar. Kartu identitas harus berupa KTP SIM atau Paspor

  112. mas saya mau tanya setrika ,hand massanger therapy sama blader bisa di gadai gak trus kira2 brapa?mkasihh.

  113. utang melemahkan iman …. duit duit duit…. duit bisa bikin orang jahat jadi pelacur maling dll…….. duit di jadikan ringking pertama dalam hiduppp……. harta bisa menghantarkan kita di surga bisa sebaliknya……. mengapa ENGKAU ciptakan harta sebagai pengoda dan pelalai untuk mengingatMU

  114. Pak mau tanya kalu gadeke surat rmah tpie daerah nya lain bisa gak pak. Dan rmah it mseh thun lama. Bisa gak. Mas kalu gosokan sm belender bisa gak digadeke.

  115. Maaf mas mau tanya kalo menggadaikan komputer seperangkat (monitor tabung + cpu + dll) diterima di pegadaian gak ya mas?? Merk nya samsung

    1. Tidak umum untuk digadaikan. Persyaratan untuk menggadaikan barang yang utama ada dua : kartu identitas dan barang yang hendak digadaikan atau surat-surat bukti kepemilikannya (misal tanah rumah atau kendaraan)

  116. Mas mau tanya
    Saya rencana mau gadaikan motor ninja 150 thn 2011
    Yg mau saya tanyakan bkpb dan stnk tidak atas nama saya
    Apa bisa d gadai d pegadaian

  117. Klo Gadai menggadai bagus tanya Langsung K Pegadaian setempat mnurut saya. Pertanyaan nya dri atas sampe bawah saya baca banyak yang Modus juga. Hahaha :-) tpi gpp itu hak masing2. Pegadaian pasti punya pertimbangan sendiri mau nerima gadaian atau tidak. Sukses.

  118. Mas kalo saya mau gadai sepeda MTB bisa ga yaah, soal nya mau jual sayang , dulu bikin nya lebih dari 5 jta, dan kira kira taksiran nya berapa

  119. Apakah bisa menggadaikan mobil yang dibeli dengan kredit di bank BCA, dengan DP 60jt dan berjalan angsuran 1.5 tahun dari total 5 tahun? surat yang dipegang hanya surat kredit, STNK, dan KTP? thanks.

    1. Tidak bisa tanpa BPKB atas nama Bung Heri. Pegadaian tidak bisa menerima barang yang bukan atau belum menjadi milik kita (tanah tapi masih kredit, rumah kpr, termasuk kendaraan yang masih dicicil)

  120. Kalo gadai sertifikat rumah atas nama ortu tp kita yg gadain bs gak mas jaminan nya kita gt krn rmh it kita yg tinggal disitu dan lh proses balik nama

  121. apakah menggadaikan tv 40 in merk samsung yang baru di beli dengan dusnya bisa ??berapa kira2 harga taksirnya ??

  122. Salut sama pa prabowo mau menjawab pertanyaan yg sama berulang kali .. pertanyaan konyol pun di jwb .. bener emang pertanyaan nya banyak yg modus
    Sabaaar ya paa hihi ??

      1. Dear Pak Prabowo

        Apakah kita bisa menggadaikan sertifikat rumah ke pagadaian bukan untuk keperluan usaha?

        Terima kasih

    1. lu pernah sekolah gak sih? nanya koq kaya anak bayi, lu pikir hidup di dunia fantasi apa? gadai motor mau keluar mobil.. fakk. kasian itu admin jawab pertanyaan lu yang tolol itu

    1. Mas saya mau tanya untuk nilai gadai berapa persen dari nilai barang yang di gadaikan. Misalkan saya punya barang akan saya gadaikan nilai nya 1 juta .berapa rupiah sy terima dari pegadaian ?

      1. Ada petugas khusus yang menghitung nilai barang kita, namanya juru taksir. Biasanya juru taksir tidak akan menaksir harga barang gadai lebih dari 90 persen karena dua hal : penyusutan nilai barang saat dilelang (misal karena nasabah gagal atau telat bayar) mungkin besar (alat elektronik seperti kamera, laptop, dll gampang rusak kalau tidak disimpan dengan benar, beda dengan logam mulia), dan menghindari resiko salah taksir (terlalu tinggi).

  123. Malam mas.
    Saya mau gadaikan netbook HP Mini bisa ga ya? Kira kira berapa nominal yg bisa saya dapat. Apakah ada ketentuan khusus?

  124. Sore mas, artikelnya cukup membantu. Terimakasih.
    Kalau saya mau gadai kamera digital waterproof merk NIKON yang terbaru bisa mas?? Apakah pinjamannya bisa diatas harga belinya? Tksh

  125. Mas sy mau nanya ada batas minimalnya gak kalau mau bayar bunga barang yg udah di gadaikan? Mhon infox. Terima kasih.

  126. permisi mas, saya mau tanya, saya mau gadai kamera beserta aksesorisnya, dus lengkap + struknya, tahun 2012, barang mulus… untuk sistem gadainya gimana ya ? maklum saya awam. untuk pinjaman, apabila saya tidak mau meminjam, hanya ingin menggadaikan saja, apa bisa ?

  127. Mas Prabowo ini saya mau gadein kamera canon 600d di pegadaian di kota saya tapi di tolak apa memang pegadaian gak mnerima kamera mas

  128. Mas mau tanya syarat gadai hp kmrn saya tanyakan harus pakai nota pembelian apakah perlakuan tsb sama di semua tmpt?

  129. mohon maaf mas saya ingin bertanya jika ingin menggadaikan SK pengangkatan karyawan tetap bisa ga ya di pegadain

  130. saya mau tanya mas.. apakah di pegadaian utk menggadaikan laptop harus memiliki garansi yah ?? kmrin saya baca dari artikel mas dan juga comment2 yang lain tidak ada yang menyebutkan adanya masalah antara laptop masih garansi ataupun tidak.. tapi kmrin saya pergi ke kantor pegadaian nya utk niat mao menggadaikan laptop saya.. tapi lgsg di tny “apakah laptop bapak masih dalam kondisi garansi?” saya menjawab “tidak bergaransi lagi” dan si mbak yg bertugas mengatakan “maaf pak… kalau gadai barang elektronik harus dalam kondisi masih bergaransi” lalu saya menanyakan “di semua cabang pegadaian juga seperti itu kah? wajib masih bergaransikah?” dan di jawab dgn kata ” Iya”
    saya binggung apakah ini cara yang digunakan cabang tsb utk menolak saya karena kurang nya tmpt penyimpanan ataukah memang sudah ada terjadi perubahan prosedur dalam menggadaikan barang2 elektronik ? mohon sharing pengalaman nya yah.. thanks sblmnya

    1. Kalau barang elektronik memang aturannya lebih banyak karena 1) juru taksir sulit mengira nilai dari barang, jadi lebih kepada “barang ini pantesnya dihargain berapa?” Susah mencari standar. 2) perlu diingat bahwa jika nasabah tidak menebus (dan kebanyakan kasus memang demikian kenyatannya), maka pegadaian harus menjual barang gadai ke pasar atau lelang. Coba bayangkan ada orang gadai radio butut, terus nggak ditebus. Lalu pegadaian mau jual radio butut ini kepada siapa?

  131. Mas mau tanya, misalnya nih pas kita datang ke pegadaian, saat barang sudah di taksir tbtb gajadi karna harga tidak sesuai, gimana ya?

  132. mau tny mas..,klo gadai motor tp bpkb blm turun alias motor msh kreditan itu bsa g mas..?angsuran motor lancar mas..,udh dpt 1thn..,bsa g y mas..?

  133. Tdi sy kpegadaian.rencana mw gadai handycam sony,dtunggu lama sekli gtw nya sony nya g bisaa dgadai,alesan mereka krn penyimpanannya riskan,tp sy liat handycam itu g dcek sma skli krn pegawenya g bisa buka carany,ah sy pernah gadai itu handycam itu dt4 daerah lain dtaksir lumyan. Standard pegadaian untuk taksir barang ada ga yah? Klo saya liat sih karyawan pegadaian mayoritas amatir.

    1. Untuk kamera digital memang lebih beresiko karena penyimpanannya tidak bisa disatukan dengan barang elektronik lain, berbeda dengan emas yang relatif lebih mudah disimpan/ tidak perlu perlakuan khusus. Mungkin alasan pegawai tersebut masuk akal.

  134. Setelah baca-baca komen diatas. berarti klo gadai handphone, yang musti di perhatiin tgl keluaran hp, terus masih baru/tidaknya, sama aksesorisnya gituh ya bang?.. soalnya ane mau gadai hp oppo joy 3, baru sebulan beli dan masih lengkap. berarti kira-kira bisa ya bang?. makasih.

  135. tadi siang saya ke pegadaian kayutinggi. saya sempat tanya sama satpam kalau saya mau gadaikan samsung galaxytab 2 kata satpamnya bisa tapi nanti di minta surat”nya. padahal surat”nya ga saya bawa. yaudah alhasil saya pulang dengan membawa kekecewaan. padahal saya benar” lg butuh tambahan dana. haduhhh mumettt

  136. memangnya kalo mau gadaikan samsung tab harus pake surat suratnya ya?? soalnya tadi siang saya nanya2 nya sama satpamnya doank saya blum masuk ke dalam..

      1. Handphone saya asus zenfone 5 , bisa gak yah ? Kira2 di gadai ? Dan pegadaiannya yang khusus pegadaian emas , atou pegadaian khusus hp ?

  137. mas bro saya mau gadai in laptop asus x453m beli baru juni 2015 (3 bulan pakai) Rp 3.750.000 . klw di gadai in kira@ taksiran tertingginya brp ya n ap aja yg harus dibawa? thanks jawabannya masbro

  138. Slmt mlm,mau tanya…saya punya motor byson thn 2012 bisa tdk digadaikan tapi tanpa bpkb,hanya motornya saja?mohon bantuannya.trims

  139. Selamat malam mas, saya mau tanya apakah sepeda bisa digadaikan di pegadaian??, trus kira2 berapa mas, saya beli sepedanya Januari 2015 seharga Rp. 5.250.000,- merknya polygon xtrada 5 27.5 (2015). Kira2 kalo digadaikan maksimalnya berapa??, mohon balasannya secepatnyaa, terimakasih

  140. Maaf numpang tanya dong, cara nebus pinjaman di pegadaian gimana yah, saya lagi diluar provinsi untuk beberapa bulan dan surat bukti pinjaman ada sm sya,sementara tanggal jatuh temponya tinggal sebulan,apakah bisa nebus lewat online,atau ada cara lain? Mohon bantuannya.terima kasih

  141. Mas saya mau tanya apakah saya bisa menggadaikan BPKB motor saya jenis Piaggio Vespa LX 150ie tanpa harus motornya ditinggalkan

  142. mas bro sya punya laptop baru amd a10 generasi terbaru, baru beli seminggu lalu, saya beli dengan harga 7,9jt karna dollar naek kmaren. kira” klu d gadaikan kisaran brapa ya?

  143. Mas saya mau nanya form peminjaman kredit online yang mas upload di atas kan,cm ada alamat domisili, nah kalo saya misal mau gade di luar domisili saya, alamat skrg saya di tulis di bag.yg mana ya?
    Oh ya mas gadai leptop, tas, charge saja msih bisa tdk? Andai dus, dll di alamat domisili
    Thankyou :)

  144. Mas saya mau Tanya,saya mau gadai cincin 5 gram,suratnya ga Ada,bisa ga Mas kalau d gadai berapa kira” saya dapat uang gadai’y?
    Mohon d balas

      1. Mas saya mau tanya, kalau kita sudah dikirim surat pemberitahuan jatuh tempo, tp kita tidak bisa melunasinya sampai barang itu dilelang, apakah kita akan dikirim surat lagi bahwa barang kita sudah dilelang?

  145. mas sy mau tannya mobon pencerahan dan penjelasannya soalnya lagi butuh uang, klw sy mau gadai motor yamaha tahun 2013, TAPI pajak mati 2 tahun kira2 bagaimna mas ?

    terimkasih..

  146. Selamat pagi mas, mas saya mau nanya kalau saya gadai hp iPhone 4s biasanya kena berpa ya mas? Lagi butuh uang nih.. Makasih mas
    Mohon balasannya

  147. Pak saya kuliah di banjarmasin, mau buka usaha terus mau pinjam uang tpi stnk motor atas nama ortu soalnya saya beli motornya atas nama ortu, terus bpkbnya di rumah saya yg di Kalteng.. itu gimana boleh pinjam uang ga?

    1. Tidak bisa menggadaikan sesuatu yang secara hukum bukan menjadi hak milik. Misal, KTP penggadai atas nama X, barang digadai atas nama Y. Ini sudah berkali-kali ditanyakan. Coba dicari kembali Bu.

  148. Mas, mau tanya..
    Saya ada gadaikan emas di pegadaian, nilai tafsiran nya 6jt an, tp yg saya ambil hanya 4jt waktu itu.
    Nah yg mau sy tanyakan, apakah bisa menambah pinjaman lagi tapi bukan untuk menambah perpanjangan??
    trims..

  149. Mas mau sya mau gadai handphone galaxy E5 dan galaxy J5 baru di pakai 2 minggu kebetulan lagi (BU) bisa ga ya. Dan perkiraan di taksir berapa. Trimks

  150. Mas sya mau gadai handphone galaxy E5 dan galaxy J5 baru di pakai 2 minggu kebetulan lagi (BU) bisa ga ya. Dan perkiraan di taksir berapa. Trimks

  151. pa maaf saya mau tanya kalo misal gadai emas ditaksir 1jt trus diambilnya 700rb apa bisa ditambah lg jd bts maksimal dlm bbrapa hari?
    terimakasih

  152. mas sya mau tanya kalo mau gadaikan sertifikat rumah,jumlah maksimal uang yg kita terima di hitung dr permeter luasnya atau gmna?
    dan untuk pencairanya brpa lama?

  153. Sy punya TV LED 42 inch LG Metalic keluaran terbaru 2015 baru pake 4 bln, surat2 pembelian lengkap, dus semua ada. Bisa ga di gadaikan…?

  154. Pak prabowo,, kalo samsung tab 3 8″ bisa digadaikan tidak?? Saya ada dus nya dan chargeran aja,, nota pembeliannya hilang,, mks

    1. Untuk menggadaikan televisi (apalagi ukuran besar), dari beberapa komentar di atas, agak sulit Bung Vian. Untuk nilai taksiran juga kalau 5 juta sepertinya ketinggian. Dicoba saja Bung, semoga berhasil.

  155. Pak saya mau gadai,tapi KTP saya masih domisili jakarta,
    dan saat ini saya udah tinggal di siantar.
    Saya mau gadai bolleh gak menggunakan KTP jakarta?
    Tapi saat ini saya punya kartu tanda Mahasiswa di siantar.

  156. pa tolong yang di daerah bsd alamatny dikirim dan nmr hape nya soalnya saya lg butuh uang mau gadai motor buat usaha trimaksh