Bismillah

Rizki yang dimaksud di sini tentu bukanlah Rizki Aditia yang pemain sinetron itu. Rizki bisa berbentuk apa saja, tapi orang biasanya salah kaprah menganggap rizki hanya berbentuk uang. Rizki bisa berbentuk kesehatan, kelapangan pikiran (nggak stress), keluarga yang bahagia, dan sebagainya. Yang lebih salah kaprah lagi adalah kadang orang mengamalkan doa-doa yang katanya dari orang pintar, plus mandi kembang atau makan bunga melati biar usaha lancar atau cepet naek pangkat. Naudzubillah…

cara_memperlancar_rizki

Cara Memperlancar Rizki

Berikut beberapa tips untuk melancarkan rizki

Semakin rajin ibadah

Bangun lebih pagi, sholat fajar (sholat sunnah sebelum shubuh 2 rakaat), dan usahakan di masjid. Mungkin kadang-kadang kita ketiduran, atau bangun kesiangan. Tapi ini bisa disiasati dengan jangan bergadang di malam sebelumnya. Kalau sudah adzan segerakan sholat. Ngaji abis maghrib. Pas sepertiga malem terakhir bangun untuk “minta” pada yang Maha Memberi.

Istighfar, dan meninggalkan dosa besar

Buat yang suka godain bini orang (siapa tuh??), jangan lagi-lagi maen api. Buat yang mungkin suka pasang togel, mulai ditinggalin. Buat yang masih suka maen di meja bilyard sambil nenggak Heineken, ganti aja maen kelereng apa layangan yang lebih halal dikit. Intinya jangan biarkan amalan kita tergerus oleh dosa-dosa besar favorit.

Silaturrahim

Mulailah berkenalan dengan tetangga-tetangga dekat. Atau menjalin hubungan yang lebih baik dengan keluarga yang sudah lama tak bersua. Kalau memang jauh, ya apa boleh dikata, via telpon sahaja. Iseng-iseng tanya kabar, atau sekadar mendoakan supaya pendidikan sepupu lancar. Ngedoain orang gratis ini…

Sedekah pada fakir miskin

Jangan takut jadi miskin karena kita kebanyakan nyumbang. Suatu waktu nanti kita pasti dibantu orang, entah bagaimana caranya. Misalkan saja saat kita dililit hutang, pasti ada keluarga yang sedang kelebihan. Atau saat kita tiba-tiba naek gaji. Atau saat tiba-tiba kita dapet orderan project dari orang yang sebelumnya nggak kita kenal.

Naek haji atau Umrah

Kalau kata Ustad Yusuf Mansur, naek haji modal Rp 500rebu aja cukup kok. Mau tau caranya? Gampang! Sediain gopek ceng (Rp 500rebu) dan datanglah ke Bank Syariah, bilang aja mau bikin rekening haji. Rekening haji ini nggak bisa diambil kecuali karena 2 hal : kita bisa berangkat haji beneran, atau saat kita mau menutup rekening haji (misal karena ada keperluan). Cukup kan? Ya cukup untuk membuktikan niat kita memenuhi panggilan-Nya.

Menghindari harta haram (riba dan gharar)

Misal kita sebagai web programmer, usahakan jangan lagi menggunakan software bajakan dalam mencari uang. Beli Operating System yang asli atau pakai software gratisan yang jelas kehalalannya. Jangan lagi download mp3 dari 4shared, atau nonton film dari Indowebster. Hindari upaya untuk menggunakan suap, entah kepada orang pajak, atau petugas pemerintah. Jangan sampai keluarga kita ikut tersiksa di neraka gara-gara sumber rizki kita tak berkah.

Istiqomah dan tawakkal

Semua makhluk sudah digariskan takdirnya. Jadi jangan pernah iri dengan rizki orang lain. Semua sudah ditentukan kadarnya oleh Yang Maha Kuasa. Boleh jadi hari ini kita susah makan, tapi kalau tetap berusaha dan berserah diri padaNya, insya Allah setahun atau 2 tahun lagi keadaan akan berubah. Boleh jadi pula Tuhan tak mau Memberi kelimpahan saat ini, karena Ia takut kita bakal menjadi pribadi yang sombong, lupa kalau dulu gembel, nggak tahu syukur.

Menikah

Menikah adalah menggenapkan separuh agama, sekaligus menjaga kesucian diri. Nah, banyak yang bilang kalau menikah ngabisin modal. Ini sih aliran sesat, biasanya yang pengen resepsinya di gedong dengan menghabiskan dana ratusan juta rupiah hanya untuk kemubaziran, tapi abis itu hidup ngontrak berpayah-payah di gang sempit di Tambora. Logikanya orang menikah maka akan semakin mudah mengatur keuangan. Kalo makan jadi nggak sering-sering di restoran dan bisa masak sendiri. Kalau beli rumah bisa patungan (kan jadi berdua).

Mungkin itu saja tips-tips untuk memperlancar rejeki. Bukannya pake ajimat… Ade-ade aje ente…