Bismillah. Belajar Bisnis di Muhajirin Dotnet

Bismillah

Jika sebuah perkara tidak diawali dengan menyebut nama Tuhan, maka terputuslah keberkahannya

Arti hijrah menurut bahasa

Kata “muhajirin” berakar kata sama dengan “hijrah” atau “hadjara” yang bermakna berpindah, atau menjauhi. Hijrah adalah sebuah keniscayaan, hijrah adalah fitrah manusia. Entah itu hijrah dalam arti berpindah domisili, berpindah tautan hati, pekerjaan, lingkungan, dan semacamnya. Dalam proses hijrah, kita berharap menjadi pribadi yang baru, yang lebih baik. Hati lebih terbuka menerima kebenaran, lebih menyadari bahwa bumi Tuhan itu luas.

Seperti yang Allah firmankan dalam surat An-Nisaa’ ayat 97 :

Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya : “Dalam keadaan bagaimana kamu ini?.” Mereka menjawab: “Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah).” Para malaikat berkata: “Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?” Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.

Muhajirin adalah sebutan untuk kaum yang berhijrah, dari Mekkah ke Madinah. Mereka meninggalkan tanah-tanah yang luas, kebun kurma yang sebentar lagi ranum siap dipanen, rumah-rumah yang sudah ditinggali lama. Tapi mereka tak gentar, karena mereka berhijrah bersama Penyampai Risalah Allah. Mereka berhijrah untuk kebaikan, dan bagi mereka ada rizki yang banyak.

Filosofi Muhajirin Dotnet

Situs ini ada sebagai manifestasi dari rasa syukur dan pengalaman kecil saya berbisnis. Beberapa kali pula saya ber-“hijrah”. Misalnya, berhenti menggunakan barang bajakan, berhenti menggunakan produk bank konvensional, tidak menggunakan asuransi, sampai pengalaman “lolos” dari jeratan hutang yang cukup besar.

Menurut saya, proses hijrah adalah proses yang panjang. Tentu saja blog ini masih banyak kekurangannya. Dan seiring waktu kita bisa belajar bersama dan berhijrah bersama.

Tentang Tagline Blog Ini

Tagline blog ini hingga saat ini masih “Belajar Bisnis – Berdagang Demi Sebanyak Mungkin Senyum”. Tagline ini saya ambil dari sebuah komik berjudul Uttare Daikichi karya Takemura Yuuji. Berbisnis seharusnya didasari bahwa pembeli dan penjual sama-sama merasakan kegunaan dari transaksi yang halal dan barokah.

Akhir kata, semoga situs ini bisa berguna bagi sebanyak mungkin orang. Aamiin.

About Prabowo Murti

Hi, I read a lot, so I write a lot. Circle me on Google Plus

2 thoughts on “Bismillah. Belajar Bisnis di Muhajirin Dotnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>