Peluang Usaha Menjelang Pemilu

Banyak sekali peluang usaha menjelang pemilu, kalau mau dipikirkan baik-baik. Entah itu pemilu legislatif atau pemilihan presiden yang akan berlangsung sesaat lagi. Bayangkan, uang yang dianggarkan untuk Pemilihan umum tahun 2014 mencapai Rp 17 triliun. Dana ini belum termasuk dana yang dikeluarkan oleh masing-masing partai. Kalikan saja sekian milyar dengan 12 partai.

pemilihan umum

Pengeluaran dari Komisi Pemilihan Umum misalnya untuk pengadaan TPS termasuk perangkat dan petugasnya. KPU menghabiskan Rp 16 milyar lebih untuk membeli tinta pemilu dari tiga perusahaan : CV Tridaya Pratama, PT Intimas Wisesa, dan PT Tintamas Tirta Surya. Itu baru soal tinta pemilu, belum lagi surat suara, kotak tempat mengumpulkan kertas suara, dan lain-lain. Biarkan saja orang lain ribut soal capres atau anggota legislatif, yang penting lapak kita tetep rame.

Jasa konsultan dan pemenangan

Banyak cara dilakukan orang untuk memenangkan sang client. Salah satunya adalah dengan berkampanye ke sebanyak mungkin masyarakat. Biasanya, komisi baru diberikan caleg ketika hasil penghitungan suara sudah selesai, alias bayar belakangan. Ini termasuk menyewa buzzer buat kampanye di Twitter, Facebook, dan berbagai media sosial lain.

Dukun alias orang pintar

Menjelang pemilu, banyak sekali dukun dadakan yang mengaku dapat menolong caleg meraih kursi idaman di Senayan. Entah bagaimana prosesnya, yang membuat penulis heran, kalau memang sang dukun sungguh-sungguh manjur, kenapa tidak dia saja yang maju menjadi caleg? Mungkin kebanyakan dukun nggak ganteng, atau tak tahu cara memakai dasi.

Spanduk, kaos, poster, dan baliho

Yang berkaitan dengan percetakan memang ketiban rejeki dalam event 5 tahun sekali ini. Kebanyakan spanduk dan poster memang berkualitas rendah, atawa murah meriah. Ini memang disengaja supaya spanduk cepat rusak karena toh musim kampanye tak terlalu lama.

Edit video/foto, iklan, designer

Muka caleg yang bikin muak bisa disulap menjadi sumringah dan cerah bersahaja. Kalau senyum kurang mengembang atau wajah kurang cerah seperti bintang iklan Biore Mens, tenang saja ada Adobe Photoshop. Untuk urusan video di YouTube, bisa tiru-tiru lagu barat terus digubah dikit-dikit.

Kalender

Kalau lapak lain bikin produk yang mungkin akan usang dalam waktu singkat, lain halnya dengan kalender. Pedagang kalender edisi foto caleg minimal akan membuat produk yang dipakai beberapa bulan. Kalau bosan melihat wajah caleg (yang mungkin sudah gagal), bagian foto silakan dipotong saja.

Oya, ada satu lagi peluang usaha yang tak kalah menguntungkan yang muncul setelah pemilu selesai : pedagang obat anti depresi, rumah sakit jiwa, dan pesantren penampung caleg stress.

About Prabowo Murti

Hi, I read a lot, so I write a lot. Circle me on Google Plus

One thought on “Peluang Usaha Menjelang Pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>