Apa Itu Time Value of Money?

Tahukah Anda apa itu Time Value of Money? Di beberapa referensi, padanan kata dari istilah Time Value of Money (biasa disingkat TVoM) dalam Bahasa Indonesia adalah “Nilai Waktu Uang”. Dalam tulisan kali ini, penulis ingin memberi pengertian Time Value of Money dengan sedikit contoh.

Jika kita disuruh memilih diantara 2 hal berikut : diberi Rp 10 juta saat ini, atau Rp 10 juta tapi kita harus menunggu 1 tahun lagi? Kebanyakan kita akan memilih pilihan pertama. Alasannya sederhana, di kedua pilihan tersebut, kondisi yang tetap adalah nilai ekstrinsik uangnya (senilai Rp 10 juta). Namun uang Rp 10 juta saat ini, akan lebih bermanfaat bila ada sekarang daripada setahun yang akan datang.

Contoh lain lagi. Anda disuruh memilih antara Rp 10 juta saat ini, atau Rp 10.400.000 namun harus menunggu satu tahun yang akan datang (dengan asumsi interest/bunga sebesar 5% p.a)? Dari segi nilai ekstrinsik, Rp 10,4 juta lebih menggiurkan. Namun, bila Anda mengambil pilihan pertama, Rp 10 juta saat ini bila ditabung di instrumen investasi paling pesimis pun bisa menghasilkan Rp 10,5 juta setelah 1 tahun. Artinya, pilihan pertama, diberi Rp 10 juta saat ini, lebih menguntungkan.

Dengan kedua contoh tersebut, mudah bagi kita mengetahui alasan mengapa juragan pabrik selalu membayar gaji karyawannya di akhir bulan, mengapa orang lebih suka dengan installment / cicilan 0%, dan mengapa perusahaan lebih sering menunda pembayaran hutang sampai menit terakhir.

Semoga artikel ini berguna. Salam bisnis.

About Prabowo Murti

Hi, I read a lot, so I write a lot. Circle me on Google Plus

2 thoughts on “Apa Itu Time Value of Money?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>